Produk yang Berjaya Menembus Tirai Bambu

Di antara serbuan barang-barang buatan Cina, diam-diam sebenarnya ada barang negeri awak yang justru masuk ke Cina. Tak usahlah menyebut produk mie instant kita yang cukup digdaya di luar negeri: Indomie. Produk mie instant yang sempat heboh gara-gara ditarik dari supermarket di Taiwan beberapa bulan silam ini ternyata memang termasuk dalam daftar sedikit barang produk negeri sendiri yang mampu menembus Cina. Bahkan, untuk Indomie ini, produk mie instant ini begitu populernya di Nigeria dan beberapa negara Afrika lainnya hingga kemudian Indofood membuka pabrik di Afrika.

Nah, kali ini bukan bintangnya bukan Indomie, melainkan sebuah produk permen. Ketika berjalan-jalan ke sebuah supermarket di Cina, mata saya tertumbuk pada sebuah kaleng yang warnanya sangat familiar, didominasi warna hitam dan merah: Kopiko. Kelihatannya sepele, namun ide mengubah pola minum kopi menjadi pola mengkonsumsi kopi via permen. Sebuah ide yang cukup idealis, namun jika berhasil akan memberikan kontribusi besar terhadap masyarakat. Nah, jika Anda bertemu dengan kaleng hitam merah, dan tulisan kanji seperti di bawah ini, saya yakin Anda pasti yakin itu adalah produk “Kopiko”. Produk ini mampu berjaya karena ide memasukkan kopi sebagai aroma permen mungkin cukup unik. Nah, kita tunggu lagi produk negeri sendiri yang siap merangsek ke pasar dunia, terutama, pasar Cina.


(mataponsel–image captured by Nokia N73 with 3.15 MP built-in camera and Carl Zeiss optical lens)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s