Pemasyarakatan Kesadaran terhadap Bencana Gempa

Jepang, seperti juga Indonesia belakangan ini, adalah negeri yang sudah kenyang pengalaman dengan goyangan maut si kulit bumi, alias gempa. Oleh karena itu, Jepang berupaya terus memutakhirkan kemampuan teknologi dalam memprediksi, mengantisipasi, serta mengelola bencana gempa bumi. Syarat dan peraturan bangunan tahan-gempa telah secara ketat diberlakukan untuk semua jenis bangunan yang berdiri di Jepang sejak periode tertentu, terutama di wilayah-wilayah yang secara geologis potensial terhadap bencana gempa.

Ternyata, selain pendirian bangunan tahan gempa, pemerintah Jepang juga peduli terhadap penyebarluasan tentang informasi kegempaan. Mereka berupaya menyebarluaskan pengetahuan kegempaan terhadap masyarakat secara luas, terutama kepada anak-anak. Paling tidak itu yang saya lihat akhir Oktober lalu di sebuah festival kampung halaman atau furusato matsuri di wilayah kami.

Pemerintah kota di tempat kami tinggal mengirimkan satu unit truk simulator gempa dan satu tim ahli geologi untuk menjelaskan tentang gempa-gempa yang pernah tercatat muncul di Jepang, baik pola, kekuatan, maupun dampak kerusakannya. Kita bisa ikut “mengalami” bencana-bencana gempa itu melalui simulasi. Kepada anak-anak dan orang dewasa yang mencoba simulator itu diberikan petunjuk tentang keselamatan pada waktu gempa. Sebuah upaya yang mungkin patut diteladani oleh Indonesia yang kini mungkin juga menjadi langganan gempa. Tak perlu harus cepat dan dengan teknologi yang sama canggihnya, namun upaya penyebarluasan informasi itulah yang lebih penting dilakukan.

___________________________________________________________
(mataponsel–image captured by iPhone 3Gs with 2 MP built-in camera)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s