Pom Listrik, Pom Masa Depan

Dalam beberapa bulan belakangan ini mulai sering terlihat pemandangan baru di stasiun pom di dekat rumah. Apa pemandangan baru tersebut? Pemandangan baru itu adalah adanya mobil-mobil bermesin hybrid semacam Toyota Prius atau mobil-mobil bertenaga listrik seperti Mitsubishi i MiEV. Dalam gambar di bawah ini tampak mobil Mitsubishi i MiEV yang mungil dan berdesain futuristik sedang dicas ulang tenaga listriknya. Memang sejak diluncurkan pertama kali pada Juli 2009 di Jepang, mobil listrik besutan pabrikan Mitsubishi inilah yang biasanya menguasai pom listrik di seantero Jepang.

Dulu sebelum Mitsubishi MiEV ini dipasarkan, pom listrik yang sudah mulai muncul di Jepang sekitar tahun 2008 nyaris selalu kosong karena mobil hybrid yang digadang-gadang menjadi pelanggan pom listrik ini ternyata lebih mengandalkan mesin bensin daripada mesin listriknya. Jadi, pom pengecasan listrik yang beberapa sudah menghiasi pom bensin ini hanya menjadi hiasan semata. Namun, sekarang, dengan kehadiran mobil bermesin 100% listrik seperti Mitsubishi MiEV ini beberapa kali saya lihat pom pengecasan listrik mulai terpakai.

Mobil MiEV versi produksi ini diklaim dapat berlari hingga 130 km per jam. Untuk versi yang dipasarkan di Jepang, MiEV mampu menempuh hingga jarak 160 km dengan sebuah pak baterai ion lithium 16 kWh yang terisi penuh. Lalu, kira-kira berapa lama waktu yang digunakan untuk mengecas mobil bertenaga listrik ini? Menurut sebuah situs otomotif, Mitsubishi MiEV ini menerapkan konsep quick charge atau cas cepat. Hanya dalam waktu 20 menit, pak baterai ion lithium 16 kWh dapat terisi 80%. Selain tenaga listrik yang lebih murah dan terbarukan, mobil listrik semacam ini mempunyai andil dalam menurunkan karbon monoksida sebagai hasil pembakaran mesin bensin atau diesel. Nah, jika mobil semacam ini mulai memenuhi jalanan di ibukota, mungkin langit di Jakarta akan kembali biru seperti 50 tahun lalu.

___________________________________________________________
(mataponsel–image captured by iPhone 3Gs with 2 MP built-in camera)

Advertisements

2 thoughts on “Pom Listrik, Pom Masa Depan”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s