ATM Berjalan

Soal banyaknya ATM saya kira Indonesia tidak kalah dengan Jepang. Bahkan beberapa tahun silam, mencari ATM yang buka 365 hari setahun di Jepang sulit sekali. Beberapa tahun silam pada saat tahun baru antara tanggal 1 sampai dengan 4 semua ATM bank tutup. Akibatnya, pada penghujung tahun banyak orang mengantre di depan ATM untuk mengambil uang guna persiapan tahun baru. Fenomena seperti itu pernah didokumentasikan dalam salah satu scene film animasi Doraemon.

Kini setelah beberapa tahun ada perbaikan dalam hal waktu pelayanan ATM, yakni buka nyaris 365 hari setahun. Ya, nyaris karena beberapa bank menutup akses ke ATM-nya pada hari Minggu atau libur nasional. Pada hari biasa pun ATM Bank tidak bisa diakses setelah pukul 21.00; bahkan di beberapa lokasi–seperti kampus saya–sudah tutup tepat pada pukul 18.00. Mengapa demikian? Karena di luar jam layanan ATM bank, orang masih bisa mengambil uang lewat mesin ATM di convenient store&lt yang tersebar lebih banyak daripada ATM itu sendiri. Ini bedanya dengan di Indonesia yang dalam jarak 100 meter pun kita bisa menemukan ATM. Untuk mengambil uang di ATM convenient store tentu saja kita harus merogoh kocek ekstra, yakni sebesar 200 yen. Namun, kita bisa mengambilnya 24 jam sehari, 365 hari setahun!

Di wilayah-wilayah yang agak terpencil, bank Jepang sering menggunakan kontainer ATM yang dilengkapi antena satelit untuk melayani pelanggannya. Truk kontainer itu biasanya parkir di tempat tertentu pada hari dan jam tertentu. Ia akan berpindah lokasi melayani wilayah lain pada hari yang lain. Di dekat tempat saya, yang mungkin terpencil, kebetulan tidak ada ATM milik bank tempat saya mempunyai akun. Nah, jadi biasanya saya akan menanti truk kontainer seperti di bawah ini parkir di lapangan dekat rumah saya pada hari Selasa dan Jumat. Di luar hari itu saya harus pergi ke kampus atau tempat lain untuk mengambil uang.


(mataponsel–image captured by Nokia N73 with 3.15 MP built-in camera and Carl Zeiss optical lens)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s