Disiplin Baja

Dalam sebuah kesempatan berkunjung ke negeri tirai bambu paruh awal tahun ini, saya agak terperangah ketika melihat kamar kecil di BCIA (Beijing Central International Airport). Toilet itu ditunggui oleh seorang petugas kebersihan. Sebenarnya sampai di sini tidak aneh karena di Bandara Soekarno Hatta pun hal itu biasa: ada seorang petugas kebersihan yang berjaga-jaga di depan toilet. Yang membedakan adalah petugas kebersihan di Cina  mencantumkan semacam kartu pengenal di sebuah papan di dinding dekat pintu masuk toilet. Di papan itu ada tulisan agar pengguna toilet melaporkan nama pegawai ke nomor tertentu apabila tidak puas dengan pelayanan dan kebersihan toilet.

Soal pengawasan terhadap pelayanan di BCIA memang luar biasa. Di pintu pengecekan imigrasi pun ada semacam alat angket elektronik yang dapat menyampaikan tingkat kepuasan pengunjung terhadap pelayanan petugas imigrasi yang melayaninya. Ada beberapa tombol seingat saya yang mewakili penilaian “sangat memuaskan, memuaskan, dan tidak memuaskan”. Entah, “hukuman” apa yang menanti apabila para petugas kebersihan maupun imigrasi ini mendapat penilaian tidak baik dari pengunjung? Sayang saya tidak berani mengambil foto di bagian imigrasi karena ada banyak tentara di sana.

Yang menarik, semua petugas, baik petugas kebersihan, imigrasi, kesehatan, militer ataupun bea cukai, semua menggunakan semacam papan nomor di dada sebagai pengganti papan nama. Entah kenapa. Barangkali itu maksudnya untuk memudahkan pengunjung dari negeri asing mengingat dan melaporkan mereka apabila ada masalah. Ya, sederet nomor memang lebih mudah daripada sederet huruf kanji. Namun, tetap saja, bagi saya nomor sebagai penunjuk jati diri berkesan agak “dingin” dan “seram” karena mengingatkan saya kepada narapidana di sebuah penjara yang menggunakan nomor sebagai pengganti nama.


(mataponsel–image captured by Nokia N73 with 3.15 MP built-in camera and Carl Zeiss optical lens)

 

Advertisements

1 thought on “Disiplin Baja”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s