Konsumsi Ikan

Tak pelak lagi bagi kebanyakan orang di dunia, orang Jepang terkenal sebagai bangsa yang gemar mengonsumsi ikan. Jika melihat dari banyaknya restoran sushi, sashimi, atau segala macam produk makanan hasil laut, tentu hal itu akan menguatkan keyakinan yang sudah mendunia tersebut. Apalagi, kadang-kadang kita bisa menjumpai ikan utuh dengan berat ratusan ton yang dipajang di pojok swalayan di Jepang, seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.

27082009

Namun, benarkah orang Jepang yang mengonsumsi ikan terbanyak di dunia? Untuk mengetahui hal itu, ternyata kita perlu melihat pelbagai informasi tentang ikan atau budaya akuatik serta konsumsinya di seluruh dunia. Ternyata, untuk tahun 2006 saja, tercatat total jumlah ikan/hewan akuatik tangkapan plus budidaya di dunia adalah 114 juta ton; dan sebanyak 110 juta ton diperuntukkan bagi konsumsi manusia. Cina menjadi negara yang paling banyak dalam hal hasil tangkapan ikan. Pada tahun 2007, tercatat sebanyak 17 juta ton ikan ditangkap oleh nelayan Cina dari pelbagai perairan di dunia. Produksi ikan Jepang memang terus menurun dari semula menyumbangkan 18% dari total tangkapan dunia pada tahun 1973 hingga hanya sekitar 7% pada tahun 1997.

Sementara itu, bagaimana dengan konsumsi ikan? Rata-rata konsumsi ikan penduduk dunia menurut hitungan FAO saat ini adalah 17,1 kg per kapita/tahun. Namun, menurut skenario kerusakan ekologi dunia, konsumsi itu akan terus menurun hingga 14.2 kg per kapita/tahun. Lalu, berapa konsumsi masyarakat Jepang per kapita/tahun? Ternyata sebesar 66 kg per kapita/tahun menurut data FAO 2003. Luar biasa memang jika dibandingkan dengan rata-rata dunia. Namun, pengonsumsi ikan terbanyak sedunia bukanlah orang Jepang, melainkan orang Maldives atau Maladewa. Mereka mengonsumsi ikan sebanyak 180 kg per kapita/tahun menurut data yang sama. Namun, jika dikalikan dengan populasi penduduk Maladewa yang hanya 300 ribu orang, tentu saja jumlahnya menjadi tidak signifikan apabila dibandingkan dengan populasi Jepang yang tahun ini mencapai 127 juta jiwa. Konsumsi ikan rakyat Cina hanya 25 kg per kapita/tahun. Namun, jumlahnya akan mengejutkan kalau dikalikan dengan populasinya yang mencapai 1,3 miliar orang. Oleh karena itu, tidak mengejutkan apabila FAO melaporkan bahwa sejak tahun 1997, warga Cina mengonsumsi 37% produk hewan akuatik dunia. Jadi?


(mataponsel–image captured by Nokia N73 with 3.15 MP built-in camera and Carl Zeiss optical lens)

Advertisements

5 thoughts on “Konsumsi Ikan”

  1. Menurut harian Republika 2 Nov ’09: konsumsi ikan perkapita orang Indonesia meningkat. Tahun 2004 : 22,58 kg. Tahun 2008:29,98. Target 2010: 30,89 kg/kapita/tahun. (Sumber : WE.DKP).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s