Proyek Raksasa Hijau

Judul ini bukan merujuk kepada tokoh buto ijo dalam dunia kosmologis Jawa maupun tokoh Hulk yang merupakan jelmaan dalam dunia komik Amerika. Raksasa hijau dalam artikel ini merujuk kepada proyek patung robot super GUNDAM di Tokyo yang ditujukan untuk menyampaikan pesan lingkungan kepada warga tokyo. Jadi, “hijau” di sini tidak merujuk kepada warna, melainkan kepada lingkungan.

Hingga hari ini, robot GUNDAM dalam ukuran sebenarnya itu diperagakan di Taman Shiokaze Odaiba, Tokyo. Barangkali banyak di antara kita, terutama laki-laki dewasa maupun anak-anak, yang mengenal anime atau kartun Jepang GUNDAM. Anime ini merupakan karya Toshiyuki Tomino di bawah perusahaan animasi Sunrise. Pertama kali diudarakan lewat serial televisi bertajuk Mobile GUNDAM Suit pada 7 April 1979. Cerita aslinya versi tahun 1979 kemudian dikembangkan menjadi sekuel, prekuel, sempalan, dan bahkan latar waktu yang berbeda. GUNDAM pun menjadi sangat populer di luar dunia layar kaca dan layar lebar. Ia juga menjadi topik favorit di dunia game dan mainan. Di dalam industri mainan, BANDAI–salah satu perusahaan mainan terbesar di Jepang–memegang lisensi untuk memproduksi berbagai merchandise dari proyek GUNDAM.

Ada banyak versi kepanjangan dari GUNDAM. Di antaranya adalah Generation Unsubdued Nuclear Drive Assault Module, General Purpose Utility Non-Discontinuity Augmentation Maneuvering Weapon System, Gigantic Unilateral Numerous Dominating Ammunition, dan Gunnery United Nuclear Duetrion Advanced Maneuver System. GUNDAM merupakan salah satu ikon budaya modern urban Jepang yang populer. Pasukan Bela Diri Jepang menggunakan istilah ini untuk sistem persenjataan yang dikembangkannya. Departemen Pemadam Kebakaran Jepang juga menggunakan GUNDAM untuk mempromosikan sistem pemadaman kebakaran di masa mendatang.

Menurut serialnya, GUNDAM merupakan perangkat robotik multiguna yang tergabung dalam Federasi Bumi (Chikyū Renpō, 地球連邦). Pada umumnya perangkat GUNDAM mempunyai nama tertentu seperti RX-178 Gundam Mk-II, MSZ-006 Zeta Gundam, dan LM312V04 Victory Gundam. Karakter GUNDAM yang ditegakkan di Taman Shiokaze Odaiba adalah HG GUNDAM RX-78. Ukurannya disesuaikan dengan proporsi ukuran nyatanya, yakni setinggi 18 meter.

Seperti yang saya kemukakan di awal, proyek mewujudkan raksasa ini merupakan salah satu kampanye Go Green yang dicanangkan oleh kumpulan perusahaan Jepang kepada masyarakat urban di Jepang, khususnya di wilayah Tokyo. Proyek ini bertujuan untuk mengajak kaum muda dan anak-anak untuk lebih mencintai lingkungannya. Selain pendirian patung raksasa, proyek ini juga diwarnai dengan pelbagai kegiatan lain seperti konser musik dan kegiatan pembersihan lingkungan di sekitar Odaiba, Tokyo. Selain untuk pesan lingkungan, proyek GUNDAM hijau ini juga ditujukan sebagai dukungan terhadap pencalonan Tokyo sebagai tempat penyelenggaraan Olimpiade pada 2016. Nah, bagi yang tidak sempat menyaksikannya sendiri, saya tampilkan gambar patung raksasa RX-78 yang amat memesona di bawah ini.

15082009


(mataponsel–image captured by Nokia N73 with 3.15 MP built-in camera and Carl Zeiss optical lens)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s