Cicak, cicak di dinding …

Saya jadi teringat lagu dari masa kecil saya itu ketika hadir di International Tokyo Toys Show yang digelar di Tokyo Big Sight, salah satu arena eksibisi terbesar di Jepang, sejak 16 sampai 19 Juli 2009. Saya teringat lagu itu bukan lantaran “mainan” biasanya dimonopoli oleh anak-anak, namun karena saya melihat sebuah mainan yang baru kali ini saya lihat. Karena Jepang menjadi salah satu garis depan dalam bidang inovasi teknologi dan industri mainan, saya tak heran ketika mengetahui bahwa mainan jenis baru ini dikembangkan oleh salah satu perusahaan mainan Jepang besar, Takaratomy.

Apakah mainan baru tersebut? Mainan tersebut dinamakan Aero Spider Lazer. Sebuah inovasi baru dari mainan R/C (radio control) yang menggunakan laser. Dengan dibimbing oleh laser, wahana yang berupa mobil masa depan dengan tiga pasang roda itu mampu merayapi dinding, dan bahkan langit-langit. Tak heran jika mainan tersebut dinamai Aero Spider Laser karena mengingatkan kita pada sang manusia laba-laba, Spiderman. Tertarik untuk membelinya? Mungkin harus menunggu beberapa bulan sejak sekarang karena mainan ini baru dipasarkan kepada umum pada bulan November 2009. Informasinya bisa dilihat pada situs Takaratomy.

19072009

Dengan munculnya mainan baru seperti ini, barangkali kita hanya tinggal menunggu dalam beberapa tahun lagi untuk menyaksikan sepeda motor atau mobil dalam ukuran sesungguhnya yang dapat merayap di dinding. Jika hal itu terjadi, banyak hal bermanfaat sebenarnya bisa kita peroleh. Misalnya, pembersihan kaca di gedung-gedung pencakar langit atau jembatan gantung yang tinggi tidak perlu lagi menggunakan tenaga manusia karena wahana dengan teknologi ini bisa merayap hingga ke puncak bangunan tertinggi. Lebih aman dan tidak berisiko menyebabkan kematian pada pekerjanya. Yah, kadang-kadang, apa yang ditemukan pada dunia mainan memang bisa diterapkan untuk kepentingan yang lebih luas.


(mataponsel–image captured by Nokia N73 with 3.15 MP built-in camera and Carl Zeiss optical lens)

5 thoughts on “Cicak, cicak di dinding …”

  1. Prof, kok gak diterangin teknologinya gimana? Kalo kita tahu kan gue bisa ‘gaya’ kaya spiderman juga? Head upside down, remember? 😉 Hehehe…

  2. Hehehehehe. Sayang gw lagi dalam antrean panjang di stand Takaratomy itu. Gak bisa tanya2 teknologi lebih lanjut. Yang jelas pakai laser sebagai pembimbing. Gak cuma nempel di dinding, juga bisa jalan terbalik di langit2, Bro. Pengen lihat aja nanti begitu udah ada di pasaran.

  3. Selamat siang, Mas Joko. Gimana kuliahnya? Saya suka tulisan2nya tentang social worker. Nulis terus ya … Nanti kalau R/C spider mobil ini dah ada di pasaran (bulan November nanti), saya kasih tahu informasinya lagi. Waktu itu mungkin udah banyak info yang muncul, sekarang mungkin masih dianggap classified. Hehehehe. Salam semangat kembali.

Leave a Reply

