Mau relaks, berendam di onsen aja yuk!

05022009

Jika melihat gambar di atas, kita mungkin bertanya-tanya ada apa di balik pintu sana? Tirai kain atau noren (暖簾) itu bertuliskan dansei onsen (男(性)温(泉)) yang menunjukkan bahwa pintu itu menuju ke onsen untuk laki-laki. Lalu, apakah onsen itu? Onsen dalam arti sebenarnya adalah sumber air panas atau hot springs. Namun, kini kata onsen lebih sering digunakan untuk mengacu kepada fasilitas pemandian air panas yang tersedia di hotel, inn, atau penginapan di sekitar sumber air panas. Sebagai negara yang terletak di wilayah pegunungan yang aktif, tentu saja terdapat ratusan hingga ribuan sumber air panas nyaris di seluruh Jepang.

Onsen menjadi salah satu pusat daya tarik dalam dunia pariwisata di Jepang, khususnya bagi kalangan wisatawan domestik. Secara tradisional, onsen telah digunakan sebagai tempat pemandian umum sejak berabad-abad silam. Meskipun demikian, berbicara tentang tempat pemandian umum, memang ada pulayang bernama sentou (銭湯). Agar tidak membingungkan, sentou biasanya adalah tempat pemandian umum yang terletak di kota atau desa  yang jauh dari sumber air panas. Pada masa silam, memang kelihatannya keberadaan kamar mandi di rumah bukanlah hal yang umum. Jadi, banyak orang Jepang yang pergi ke sentou atau onsen untuk mandi. Namun, sejak pertengahan abad kedua puluh, jumlah sentou pun makin lama makin berkurang.

Meskipun demikian, sebenarnya tidak ada aturan ketat mengenai pembedaan onsen dari sentou karena kadang-kadang sentou bisa juga disebut onsen jika air mandinya bersumber dari mata air panas. Pada era teknologi modern, lebih sulit lagi membedakan sentou dengan onsen karena ada onsen terkenal yang bernama Ouedo Onsen Monogatari (大江戸温泉物語) di Odaiba, Tokyo, yang dari posisinya terletak sangat jauh dari sumber air panas di pegunungan karena berada di tepian Teluk Tokyo. Semula saya ragu dari mana mereka mendatangkan air panasnya karena mereka mengklaim bahwa air mandinya adalah air panas alami. Namun, ternyata, itu benar. Berkat kemajuan teknologi, air mandinya diambil dari sumber mata air yang terletak 1400 meter di bawah tanah Teluk Tokyo!

Ada beberapa jenis dan bentuk onsen, termasuk di dalamnya onsen luar-ruang, rotenburo atau notenburo (露天風呂 atau 野天風呂), dan onsen dalam-ruang. Fasilitas pemandian onsen baik yang dikelola oleh publik, misalnya oleh kotapraja, maupun oleh swasta (uchiyu = 内湯) biasanya dijalankan sebagai bagian dari hotel atau penginapan tradisional Jepang (ryoukan (旅館)).  Biasanya onsen ditemukan di wilayah pegunungan atau luar kota. Oleh sebab itu, ia menjadi daya tarik yang kuat di antara wisatawan domestik, baik pasangan muda, keluarga, kelompok mahasiswa, atau rombongan karyawan yang ingin melepaskan diri dari kepenatan hidup sehari-hari.

Biasanya, di onsen memang dipisahkan antara ruang mandi laki-laki dan perempuan (seperti yang ditunjukkan pada foto di atas). Sebelum masuk ke ruang pemandian, tiap orang biasanya harus menanggalkan semua busananya dan hanya membawa keperluan mandi seperti sikat gigi, pasta gigi, dan handuk kecil karena semuanya, termasuk sabun dan sampo telah disediakan. Di dalam ruang pemandian, biasanya ada tiga atau lebih kolam air panas untuk berendam, serta beberapa tempat untuk berbilas, berkeramas, dan lain-lain. Selain itu, kadang-kadang ada pula tempat untuk mandi uap. Biasanya orang Jepang, sebelum dan sesudah masuk kolam pemandian, mencuci atau membilas tubuh mereka.

Karena berendam di onsen umumnya dilakukan secara bugil, orang Jepang sering menyebut kegiatan itu “pergaulan bugil” hadaka no tsukiai (裸の付き合い). Ya, biasanya di ruang onsen itu mereka menghabiskan waktu berendam dan mengobrol ke sana kemari melepaskan penat setelah bekerja atau belajar di kota-kota besar.

Biasanya keberadaan onsen ditandai dengan kanji yu (湯)-yang berarti air panas-atau hiragana yu (ゆ) untuk memudahkan anak-anak mengenalinya. Nah, tertarik pergi ke onsen?


(mataponsel–image captured by Nokia N73 with 3.15 MP built-in camera and Carl Zeiss optical lens)

Advertisements

2 thoughts on “Mau relaks, berendam di onsen aja yuk!”

  1. Yup, didoakan supaya bisa cepat pergi ke sini, Mas Joko. Kalau di Indonesia, sebenarnya tempat favorit laksana onsen bagi orang Jepang dan Korea salah satunya adalah Ciater.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s