Sekilas memang berbunyi mirip dengan kata dalam bahasa Indonesia; dan Nashi (梨) dalam bahasa Jepang juga mempunyai arti seputar makanan. Namun, kata itu digunakan untuk merujuk kepada buah pir (pear) dalam bahasa kita. Yang agak berbeda dengan buah pir dari negara lain, pir Jepang umumnya berbentuk bulat seperti apel, sementara buah pir dari negara lain berbentuk lonjong seperti tabung Erlenmeyer dengan bagian bawah lebih lebar daripada bagian atasnya.

Ada beberapa kultivar pir Jepang yang dikenal, namun secara umum dapat dibagi menjadi dua jenis: akanashi (pir merah) yang umumnya berwarna kecoklat-coklatan dan aonashi (pir hijau) yang berwarna kehijau-hijauan.  Kousui (幸水) adalah varietas andalan dari jenis akanashi, sementara nijyuseiki (二十世紀) adalah kultivar aonashi yang paling terkenal. Musim berbuahnya pir Jepang adalah pada musim panas antara bulan Juni hingga September. Pada musim ini, ketika matahari terasa menyengat, menyantap pir Jepang yang berair dan manis memang terasa nikmat. Oleh karena itu, pada musim panas, banyak perkebunan yang menanam pir akan membuka kebun mereka bagi para pengunjung. Dengan membayar ongkos masuk sekian ribu yen, pengunjung dapat mengambil dan memetik sendiri buah pir sepuasnya. Namun, semuanya harus dihabiskan di areal perkebunan.

Di dekat tempat tinggal saya, ada beberapa perkebunan pir dan anggur. Pada akhir pekan bulan Agustus, kebun-kebun itu dipenuhi pengunjung yang ingin memetik dan menikmati kesegaran apel Jepang. Di antara kultivar pir Jepang, kousui memang yang paling banyak dijumpai karena memang rasanya yang paling manis dan segar.


(mataponsel–image captured by Nokia N73 with 3.15 MP built-in camera and Carl Zeiss optical lens)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s