Nelayan Meradang, Ikan pun Menghilang

Kemarin, hari Selasa, 15 Juli, teman-teman saya para mahasiswa dari Indonesia berkesempatan mencoba kaitenzushi atau restoran sushi putar dalam perjalanan mereka kembali ke apartemen dari kampus. Mereka heran ketika menu sushi yang biasanya beragam pada hari itu seolah-olah sepakat untuk seragam. Ada apa ini? Tentu saja mereka bertanya-tanya.

Namun, ternyata mereka tidak sendirian karena ada banyak juga orang Jepang yang kecele. Mereka kecele ketika pergi membeli ikan di supermarket. Harga ikan tiba-tiba meninggi dan stok ikan pun menjadi terbatas. Ada beberapa jenis ikan yang biasanya selalu tidak pernah absen di gerai penjualan ikan justru tidak “hadir” pada hari itu.

Kenapa tiba-tiba ikan menghilang? Ternyata, pada hari Selasa kemarin nelayan di seluruh Jepang melakukan unjuk rasa dengan tidak melaut. Mereka melakukan unjuk rasa untuk mengungkapkan protes mereka terhadap melambungnya harga bahan bakar minyak. Menurut BBC, sekitar 200.000 kapal nelayan tetap bersandar dan tidak melaut sejak dini hari Selasa kemarin. Kenaikan harga BBM sekitar tiga kali dalam kurun waktu setahun telah memukul industri perikanan laut di Jepang. Kenaikan harga itu telah membuat ongkos melaut menjadi berlipat-lipat.

Ribuan nelayan kemarin melakukan unjuk rasa di kota-kota utama di Jepang. Sebenarnya, unjuk rasa para nelayan di Jepang merupakan hal yang sangat jarang terjadi. Menurut mereka, ini terjadi karena mereka sudah tidak tahan dengan kenaikan bahan makanan dan bahan bakar minyak. Ya, memang harga beberapa makanan dan minuman di supermarket Jepang sejak beberapa bulan terakhir memang mengalami kenaikan antara 10-30%. Semuanya itu terjadi lantaran harga minyak membubung tinggi. Krisis minyak dunia ini ternyata memang tidak hanya ditanggung oleh satu per satu individu, melainkan nyaris oleh seluruh penduduk dunia. Jadi, berdoalah supaya energi pengganti bahan bakar fosil cepat datang sehingga ikan laut tetap ada di pasaran.

 


(mataponsel–image captured by Nokia N73 with 3.15 MP built-in camera and Carl Zeiss optical lens)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s