Naik naik ke puncak …

Ketika Minggu sore kemarin pulang dari sebuah kegiatan di Osaki, saya tersentak ketika melihat harga minyak di Jepang naik sekitar 12%; dari semula 158 yen per liter untuk minyak regular (gasoline) menjadi 177 yen per liter. Ini sebuah rekor sejarah baru untuk harga bahan bakar minyak di Jepang.

Meskipun daya beli masyarakatnya sangat kuat, apalagi jika dibandingkan dengan masyarakat di Indonesia, masyarakat Jepang–terutama pengendara kendaraan bermotor–merasakan betul melonjaknya harga bahan bakar minyak di Jepang hanya dalam hitungan bulan. Beberapa di antara orang Jepang kenalan saya mengeluhkan kenaikan harga bahan bakar minyak ini. Itu mereka lontarkan ketika harga minyak reguler masih 158 yen per liter. Harga itu akhirnya hanya bertahan sampai akhir bulan Mei. Awal Juni ini seluruh pompa bensin di Jepang kembali “memompa” harga bensin atau minyak reguler ke titik tertinggi dalam sejarah Jepang, yakni 177 yen (setara dengan Rp15.390 per liter).

Kenaikan harga minyak dunia akhir-akhir ini memang seperti sulit untuk dikendalikan oleh mekanisme apa pun. Semua akhirnya bermuara kepada kebuntuan energi di dunia. Banyak pihak kemudian mengembangkan biodiesel atau bioethanol yang dibuat dari tanaman jarak, biji kedelai, bit gula, dan sumber nabati lainnya. Keberadaan biodiesel, bioethanol, dan mungkin bio-bio lainnya membuat banyak orang khawatir bahwa pada akhirnya manusia akan dihadapkan dengan wahana bermotor dalam persaingan memperoleh sumber-sumber nabati. Jelas hal ini kelak akan menimbulkan tidak hanya krisis energi, bahkan mungkin juga krisis pangan dunia.

Bagaimana akhir perjalanan harga minyak dunia ini akhirnya, entahlah, saya tidak tahu karena saya bukan analis ekonomi dan pertambangan. Lamat-lamat terdengar lagi lagu Iwan Fals dari sebuah situs musik … “BBM naik tinggi, susu tak terbeli. Orang pintar tarik subsidi, bayi kami kurang gizi.”


 (mataponsel–image captured by Nokia N73 with 3.15 MP built-in camera and Carl Zeiss optical lens)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s