Pegang Daku, Kau kutuntun

Coba perhatikan foto di sebelah ini (Maaf kalau gambarnya kecil karena sengaja saya cropping agar lebih fokus). Bukan, itu bukan sebuah contoh pelecehan seksual atau セクハラ (baca: “sekuhara” dalam bahasa Jepang populer dan berasal dari sexual harassment). Juga bukan adegan penangkapan seorang pejabat publik oleh petugas badan antikorupsi–seperti yang sedang marak di Indonesia. Meskipun, jujur saja, pada awalnya saya memang menyangka bahwa si petugas menangkap pria setengah baya itu karena satu masalah. Ya, bagaimana adegan itu tidak menggiring saya ke arah semua yang saya kemukakan tadi? Si petugas perempuan menggamit bagian tubuh pria setengah baya itu. Sementara, si pria pun memegang bagian tubuh si petugas perempuan.

Ternyata, adegan yang saya rekam di Stasiun Shinagawa pagi kemarin itu adalah peristiwa yang justru menunjukkan sikap melindungi dan melayani petugas stasiun kereta api JR di Jepang. Kenapa melayani dengan cara menggamit? Ya, karena si pria setengah baya itu adalah seorang penyandang tuna netra.

Bukan hanya sekali dua kali saya melihat peristiwa petugas stasiun membantu mereka yang menyandang cacat tubuh untuk mengakses layanan kereta api. Namun, baru kali ini saya melihat seorang petugas perempuan melakukan kontak tubuh yang amat dekat dengan pelanggan pria yang dilayaninya. Ya, di Jepang memang kaum hawa biasanya dilatih untuk tidak terlalu dekat secara fisik dengan pria, apalagi yang tidak dikenalnya dan orang asing pula. Namun, petugas perempuan itu mengabaikannya demi tugas mulia. Dalam hal ini, frase “melindungi dan melayani” bukan hanya menjadi hiasan dinding di kantor saja, melainkan juga menjadi hiasan pada tiap tindak tanduk petugas publik di Jepang.


 (mataponsel–image captured by Nokia N73 with 3.15 MP built-in camera and Carl Zeiss optical lens)

 

One thought on “Pegang Daku, Kau kutuntun”

Leave a Reply

