Cara Halus Hilangkan Kebiasaan Merokok

Merokok selain nikmat–bagi sebagian orang, juga mengganggu bagi sebagian orang lain yang tidak merokok. Merokok juga dapat mudah menjadi kebiasaan apabila penikmatnya sudah merasa kecanduan. Akibatnya, perokok tidak peduli lagi apa kata orang di sekitarnya yang merasa tidak nyaman. Bagi perokok yang penting adalah kenyamanan diri sendirinya, dan bukan kenyamanan orang lain. Jadi, kebiasaan merokok sangat erat hubungannya dengan tindakan yang egoistis jika tidak memperhatikan lingkungan sekitarnya.

Oleh sebab itu, di Jepang yang mengagungkan kebebasan pribadi, kebiasaan merokok diatur sedemikian rupa. Ya, sebuah pribadi boleh bebas asalkan tidak mengganggu kebebasan orang lain. Jadi, dalam hal ini, merokok tidak masuk ke dalam tindakan yang dapat secara bebas dilakukan kapan saja dan di mana saja. Sejak beberapa tahun lalu, pemerintah Jepang mengatur secara ketat wilayah yang boleh digunakan untuk merokok. Kegiatan merokok tidak boleh dilakukan di tempat umum secara sembarangan. Di beberapa tempat, merokok sambil berjalan kaki juga tidak diperkenankan.

Jika sebelumnya dulu ada satu bagian khusus di peron bagi perokok, kini semua stasiun milik perusahaan kereta api swasta Jepang melarang perokok melakukan aktivitasnya di lingkungan stasiun. Sejak tahun lalu, perusahaan taksi di provinsi Kanagawa juga melarang penumpang merokok di dalam taksi. Beberapa kampus di Jepang pun membatasi tempat bagi para mahasiswa atau pengajar yang ingin merokok.

Sempat beredar kabar baik ketika Sutiyoso menjabat Gubernur DKI Jakarta: ada larangan merokok di tempat umum. Namun, implementasinya mungkin tidak bergema cukup kencang lagi sekarang. Barangkali, ada cara halus untuk menyindir para perokok agar mengurangi kebiasaan merokok. Bagaimana itu? Sediakan saja, asbak. Kenapa asbak? Ya, karena asbak yang satu ini disertai tanda larangan merokok. Asbak dengan tanda larangan merokok ini saya temukan ketika berjalan-jalan ke toko 100 yen Daiso yang terkenal di Jepang.

asbak.jpg  


(mataponsel–image captured by Nokia N73 with 3.15 MP built-in camera and Carl Zeiss optical lens)

Advertisements

1 thought on “Cara Halus Hilangkan Kebiasaan Merokok”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s