Anggota Keluarga Baru

Di Jepang, di tengah membengkaknya penduduk berusia lanjut dan menurunnya jumlah angka kelahiran bayi, muncul sebuah fenomena baru dalam sepuluh tahun terakhir ini. ペット atau binatang piaraan menjadi alternatif akibatnya banyaknya masyarakat yang tidak ingin mempunyai keturunan. Ya, dalam lima tahun terakhir ini, sejak saya tinggal di Jepang, saya melihat perubahan itu. Binatang piaraan–biasanya anjing–kini mengalami personifikasi atau diperlakukan seperti seorang anak: diberi pakaian, diajak jalan-jalan dengan petstroller, diberi perawatan khusus di salon anjing, dan, bahkan, dirayakan ulang tahunnya dengan memesankan kue ulang tahun.

anjing.jpgHampir semua orang suka anjing, tua-muda, besar-kecil, miskin-kaya. Kini anjing bahkan sudah menjadi anggota keluarga. Oleh sebab itu, tidak heran apabila dalam sebuah iklan perusahaan ponsel terkemuka di Jepang, Softbank, ada sebuah iklan populer yang dibintangi Ueto Aya. Iklan berseri itu berkisah tentang keluarga aneh pemakai ponsel. Bagaimana tidak aneh karena ayahnya “seorang” anjing, ibu dan anak perempuannya seorang Jepang, sementara anak laki-laki sulungnya seorang Afro-Jepang.

Dalam foto yang saya ambil minggu lalu ini, seorang kakek mengajak berjalan-jalan dua orang “anak”-nya yang didandani dengan kaos lucu. Jangan tanya soal harga kaos itu karena bisa jadi lebih mahal dari baju yang biasa saya pakai. Barangkali, dalam pikiran mereka mempunyai piaraan lebih nyaman karena hanya cukup mencurahkan perhatian dengan materi dan kasih sayang saja. Namun, mereka tidak perlu memikirkan masa depan “anak” mereka karena mereka tidak harus mendapatkan pendidikan yang tinggi dan pekerjaan yang baik di masa depan. Nah, Uz, singkatnya, kepada anjing, kita hanya cukup memberikan perhatian atau kasih sayang belaka, tetapi dalam kasus anak manusia, kita juga harus memberikan masa depan yang baik kepada mereka. Gitu nggak, Uz?


(mataponsel–image captured by Nokia N73 with 3.15 MP built-in camera and Carl Zeiss optical lens)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s