Street Vendor

Sejak dulu saya berpikir bahwa sulit menemukan penjaja makanan jalanan di Tokyo, Jepang. Agak berbeda dengan kota Asia lainnya seperti Seoul, Taipei, Bangkok, dan tentu saja Jakarta, memang cukup sulit menemukan penjaja makanan jalanan di Tokyo. Meskipun begitu, di beberapa kota lain di Jepang, penjaja makanan jalanan mungkin lebih mudah dijumpai.  Barang dagangan mereka bervariasi dari mulai kue-kue kecil, yakiimo (ubi bakar) hingga ramen.

Sebenarnya, di beberapa tempat di Tokyo, terutama di wilayah kota lama, seperti Ueno, banyak juga penjaja makanan jalanan. Dulu saya pikir kelangkaan penjaja makanan jalanan hanya ada di kota Tokyo. Ternyata, di tempat saya tinggal pun, yang sudah relatif jauh dari pusat kota Tokyo, juga sulit menemukan pedagang jalanan. Namun, beberapa waktu lalu ketika melewati sebuah jalan di distrik Minato yang terletak di pusat Tokyo dan menjadi lokasi bagi ratusan perusahaan bisnis skala menengah maupun besar, ternyata ada juga penjaja makanan jalanan yang menjual makan siang. Mereka hanya muncul pada siang hari menjelang waktu makan siang, sebuah fenomena yang juga muncul di Jakarta, terutama di balik gedung-gedung megah di kawasan Sudirman.

street-vendor.jpg

Dalam berjualan, mereka ada yang hanya menggunakan gerobak sederhana, tetapi ada juga yang menggunakan mobil yang sudah dimodifikasi sebagai warung berjalan. Tampak tidak sedikit juga karyawan yang mengantre untuk membeli bento makan siang dan membawanya kembali ke kantor mereka. Memang tidak ada budaya menyantap bento makan siang di taman seperti yang banyak dilakukan oleh orang-orang di London. Namun, paling tidak, pada saat jam makan siang, di Tokyo karyawan tidak hanya banyak memenuhi kios-kios, kafe atau restoran cepat saja, tetapi juga mengantre makanan yang dijajakan penjaja jalanan sama seperti di Jakarta. Yang agak berbeda di antara Tokyo dan Jakarta adalah tidak ada office boy yang bisa disuruh-suruh membeli makan siang di Tokyo. Gitu enggak, Uz?


(mataponsel–image captured by Nokia N73 with 3.15 MP built-in camera and Carl Zeiss optical lens)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s