Sambutan Tahun Baru dari Sang Kaisar

Secara kebetulan, pada hari kedua tahun 2008 ini, saya diajak teman-teman Indonesia lainnya untuk berkunjung ke Istana Kaisar Jepang atau Koukyo (皇居) yang terletak di daerah Marunouchi dekat Stasiun Pusat Tokyo. Sebenarnya saya sudah beberapa kali datang ke istana ini mengantar keluarga atau teman. Namun, saya belum pernah masuk ke dalamnya. Tentu saja kesempatan untuk berkunjung ke dalam koukyo merupakan kesempatan berharga bagi mereka yang pernah datang atau tinggal di Jepang. Untuk berkunjung ke dalam kompleks istana sebenarnya tidak terlalu sulit karena tiap hari mulai Senin hingga Jumat ada kesempatan untuk berkunjung ke dalam kompleks istana. Gratis alias tidak dipungut biaya, namun harus mendaftarkan diri secara online melalui situs kunaicho.

Namun, untuk bisa melihat langsung Sang Kaisar Akihito atau Tenno Heika, hanya ada dua kesempatan, yakni pada saat ulang tahun Tenno Heika (jatuh 23 Desember) dan tahun baru (jatuh pada tanggal 2 Januari). Nah, beruntunglah saya karena dalam kesempatan berkunjung ke kyouko pada 2 Januari lalu, saya bisa melihat langsung sang Tenno meskipun dari jarak seratus meter lebih.

istana-a.jpgSebelum masuk, kami diharuskan melalui dua buah pos pengecekan. Pos pertama adalah tempat pengecekan barang-barang bawaan. Kami diharuskan membuka tas dan membuang isi minuman di dalam botol. Alih-alih membuangnya, kami meneguk isi minuman itu hingga habis karena sayang, harganya cukup mahal. Pos kedua adalah tempat pengecekan anggota tubuh. Beberapa petugas menggerayangi tubuh kami untuk memastikan tidak ada bom plastik melekat di tubuh kami (lihat gambar kiri atas). Setelah itu, kami baru diperbolehkan masuk melalui gerbang istana yang dijaga polisi kekaisaran (lihat gambar kanan atas).

istana-b.jpg

Ribuan orang tanpa putus-putusnya mengerumuni istana kekaisaran pada hari itu. Ya, pada hari itu, Tenno Heika menyelenggarakan acara sambutan tahun baru dalam beberapa shift yang dimulai sejak pagi hingga siang hari. Jarak tiap shift adalah satu jam sehingga cukup bagi para petugas kepolisian untuk melakukan pemeriksaan dan pengaturan.

Meskipun Sang Tenno hanya tampak dari ruang seperti etalase dengan kaca tahan peluru, rakyat kelihatannya sangat puas dan mengelu-elukannya (lihat gambar kanan atas). Untuk menyambut Sang Tenno, kepada tiap pengunjung dibagikan sebuah bendera Jepang, yakni nipponmaru (lihat gambar kiri atas). Sang Tenno pun hanya muncul tidak kurang dari 10 menit, sementara rakyatnya, termasuk kami, harus menjalani proses pengecekan dan penantian selama kurang lebih satu jam. Namun, bagaimanapun berkesempatan untuk mengikuti acara seperti itu memberikan kesan tersendiri bagi saya. Selamat Tahun Baru. Semoga kebahagiaan dan kedamaian yang sejati terwujud di tahun ini. Begitu sambutan Sang Kaisar jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia secara bebas.


(mataponsel–image captured by Nokia N73 with 3.15 MP built-in camera and Carl Zeiss optical lens)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s