Bahkan kebelet pun harus tertib

Ada pemandangan yang mungkin jarang ditemukan di negara lain dalam posting yang saya kirimkan kali ini. Paling tidak, saya jarang sekali melihatnya di negara-negara yang pernah saya kunjungi. Apa itu? Antre untuk urusan apa pun. Jepang adalah kampiun negara yang sangat menghormati hak individu. Jadi, dalam hal apa pun, junban alias urutan antrean menjadi metode dasar yang diterapkan, tak terkecuali dalam urusan ke belakang.

antre1.jpgDalam foto yang saya kirimkan pada posting kali ini, para wanita ini jelas bukan antre beras, apalagi antre membeli takarakuji atau loto seperti dalam posting sebelumnya. Mereka antre untuk memenuhi panggilan alam, yakni buang air, entah besar, entah kecil.

Jadi, sebelum dapat menggunakan fasilitas publik untuk urusan tersebut, mereka harus mengantre, terutama di stasiun atau pusat keramaian dan pada hari libur atau akhir pekan. Kondisi seperti ini umumnya terjadi di toilet wanita.

Jadi, tampaknya, untuk urusan arus bawah pun, orang Jepang sudah terlatih untuk me-manage-nya dengan semangat bushido agar bisa diajak kompromi ketika tiba-tiba harus berada dalam kondisi seperti dalam gambar di kiri atas ini.

 Lha, bagaimana kalau betul-betul kebelet? Ya, silakan cari toilet lain karena memang tidak ada jalan lain. Tentu saja, saya akan dianggap nyeleneh kalau menyarankan pembaca blog ini mengenakan diapers dewasa kalau ingin bepergian di Tokyo pada hari libur atau akhir pekan. Namun, bagi penderita diabetes mellitus yang mungkin cukup kesulitan mengatur napas dalam urusan begini, diapers tentu bukan barang haram (Betul gak, Uz?).


(mataponsel–image captured by Nokia N73 with 3.15 MP built-in camera and Carl Zeiss optical lens)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s