Jangan tanya, lihat saja sekeliling kita

Anda lihat foto di atas? Maaf kalau saya sepertinya suka memotret toilet atau tempat-tempat ‘kotor’ lainnya. Tapi mungkin ini bisa menjawab pertanyaan kenapa Indonesia masih terus dihampiri masalah rutin tahunan: banjir.

Maaf juga kalau foto saya, lagi-lagi, kurang jelas. Padahal saya sudah pakai kamera ponsel 2 megapiksel. Kalau mau sedikit melihat lebih dekat, Anda bisa amati ada warna kuning kecoklatan di bagian lubang tempat air seni dan air bilasan keluar dari toilet ini.

Warna kuning itu adalah puntung rokok yang pastinya dibuang oleh mereka yang berhajat di toilet ini. Mungkin kebetulan saat berhajat, rokok yang mereka hisap kebetulan sudah pendek. Jadi, di’buang’ sekalian saja di situ. Atau mungkin dengan rokok di tangan, menyulitkan mereka saat berbilas. Bisa juga tadinya mereka cuma ingin mematikan puntung dengan air bilasan. Mungkin pula puntung terjatuh tidak sengaja. Barangkali malah mereka sudah biasa mematikan puntung di toilet seperti ini. Yang jelas, puntung tersebut mengakibatkan ‘banjir’ saat kita menekan tombol pembilas.

Memang kita tidak pernah tahu kenapa puntung-puntung itu bisa ada di situ. Tetapi, kalau mau kita relasikan, mungkin kita bisa tahu kalau ini adalah jawaban mengapa banjir masih senang menghampiri kita. Padahal kita tahu begitu banyak rencana penanggulangan yang diajukan untuk mengatasi banjir di ibukota. Dari yang lokal hingga terpadu untuk sebuah kota. Dari warga biasa sampai ahli tatakota.

Melihat toilet ini saya jadi mengerti kenapa semua rencana itu tinggal rencana. Terlepas dari apakah sudah pernah dicoba atau belum. Toilet ini adalah cermin jawaban. Ia sedikit banyak mengungkap kenapa Jakarta — dan beberapa kota besar Indonesia lainnya– masih ‘dikangeni’ banjir hingga kini. Ya, bagaimana kita mau lepas dari banjir jika membedakan antara toilet dan asbak saja kita belum mampu?

Selamat Tahun Baru 2008! Semoga Jakartaku bisa lebih baik tahun ini.


(mataponsel–image captured by Nokia 6300 with 2 MP built-in camera)

Advertisements

Author: Tahmid Firdaus

Just a regular guy, trying to reveal the multi-layered secrets of life lying scattered before his paths. A simple guy who learns to write and writes to learn.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s