Jangan pandang ke belakang, lihatlah ke depan

yokohama.jpg

Foto yang saya tampilkan kali ini adalah foto waterfront city Yokohama, khususnya wilayah yang kini lazim disebut minatomirai. Kata itu yang berasal dari minato ‘pelabuhan’ dan mirai ‘masa depan’.

Lebih dari 150 tahun yang lalu, Yokohama hanyalah sebuah desa nelayan yang kecil dan tak banyak berarti. Namun, Yokohama masa kini adalah salah satu kota pelabuhan utama di dunia. Lihat saja bangunannya yang menjulang tinggi; meskipun sejarahnya belum setua kota pelabuhan Kalapa–yang kini berkembang menjadi Jakarta.  

Yokohama menjadi seperti sekarang tentu saja tidak terjadi dalam satu hari satu malam, seperti dalam cerita Bandung Bondowoso. Di balik itu, ada sejarah panjang yang menyedihkan ketika gempa bumi meluluhlantakkannya pada 1923, serta bom sekutu menghancurkannya pada 1945. Ada perjuangan yang tiada henti yang dilakukan oleh pemerintah dan juga masyarakatnya, bahkan sampai hari ini.

Untuk Jakarta, saya kira, tidak usahlah kita terlalu muluk terlebih dahulu. Namun, itu bukan berarti bahwa Jakarta–dalam skala lokal–dan Indonesia–dalam skala nasional–tidak bisa menjadi seperti Yokohama. Dan, masyarakat pun bisa turut serta berperan aktif untuk mewujudkannya. Tidak usahlah menunggu inisiatif pemerintah daerah. Mulai sekarang, berawal dari diri kita sendiri, perhatikan bagaimana kita memperlakukan sampah. Saya kira tepat yang ditulis karib saya, Dauz, dalam posting sebelumnya, “toilet bukan asbak”.

Selain toilet, laut, sungai, jalan tol, taman kota, dan ruang publik lainnya juga bukan tempat sampah. Ada perilaku paradoks pada bangsa kita. Kalau kita bisa tidak membuang begitu saja bungkus permen di lantai Senayan City atau Plaza Senayan, kenapa kita bisa membuang kulit pisang ambon seenaknya lewat jendela mobil di Jalan Tol Wiyoto Wiyono?

Selamat Tahun Baru 2008. Mari kita ciptakan Indonesia yang lebih baik, dimulai dari keluarga kita.   


(mataponsel–image captured by Nokia N73 with 3.15 MP built-in camera and Carl Zeiss optical lens)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s