Kereta tak berkuda

Becak

saya mau tamasya, berkeliling-keliling kota
hendak melihat-lihat keramaian yang ada
saya panggilkan becak, kereta tak berkuda
becak, becak, coba bawa saya

saya duduk sendiri sambil mengangkat kaki
melihat dengan aksi, ke kanan dan ke kiri
lihat becakku lari, bagai tak kan berhenti
becak, becak, jalan hati-hati

velotaksi.jpg

Syair lagu itu mengingatkan masa kecil saya nan indah di Yogyakarta sekitar tahun 1970-an. Tiba-tiba syair itu mengiang kembali di telinga di masa besar saya di Yokohama ketika melihat velotaxi yang sebenarnya konsepnya sama dengan becak. Hanya bedanya dengan becak adalah bentuknya yang aerodinamis. Kemudian, pengemudinya yang tidak mengesankan seorang “tukang”, melainkan seorang “chaffeur” karena tidak jarang di antara mereka adalah mahasiswa. Memang tidak menutup kemungkinan bahwa tukang becak di Indonesia masa lalu adalah juga mahasiswa karena dulu saya pernah dengar dari profesor saya di FK-UI bahwa pernah ada seorang mahasiswanya yang menyambi mbecak untuk hidup dan akhirnya lulus dengan predikat cum laude. Kisah yang mungkin jarang lagi ditemukan pada masa kini.

Pembeda yang terakhir dan utama antara becak di Yogyakarta dan velotaxi di Yokohama adalah penghasilannya per bulan. Dalam sebuah program televisi di Jepang, disebutkan bahwa penghasilan pengemudi velotaxi adalah 300.000 yen atau kira-kira 25 juta rupiah per bulan. Penghasilan yang kurang lebih sama dengan gaji seorang fresh graduate di perusahaan besar Jepang.

Mbecak yuk di Yokohama?


(mataponsel–image captured by Nokia N73 with 3.15 MP built-in camera and Carl Zeiss optical lens)

Leave a Reply

