Rush Hour

Pagi ini saya naik kereta listrik Yokosuka-line ke arah Chiba. Mulai dari beberapa stasiun sebelum Yokohama kereta yang saya naiki sudah sarat penumpang. “Penderitaan” pun makin bertambah ketika mulai mendekati Tokyo. Makin banyak penumpang yang naik dan, parahnya, makin sedikit yang turun. Akibatnya, badan saya terdesak oleh penumpang laki-laki bertubuh besar dengan tinggi badan lebih dari 185 cm yang baru naik dan berdiri di depan saya. Baru kali itu saya betul-betul tak berkutik naik kereta listrik ke arah Tokyo. Untung saja, saya hanya lima menit terimpit badan laki-laki itu karena di stasiun berikutnya saya sudah turun.

Kereta menuju Tokyo memang luar biasa penuh pada pagi hari. Kadang-kadang untuk menutup pintu keretanya saja, para petugas harus berjibaku ikut mendorong menjejalkan penumpang ke dalam gerbong. Tingkat kesesakannya sering kali melebihi kereta jabotabek; apalagi kereta jabotabek pintunya “tidak” perlu ditutup dan masih ada satu lantai lagi di atap yang “bisa juga” dipakai oleh penumpang yang mau sekalian mengadu nyali.

kereta-tokyo.jpgFoto yang saya kirimkan dalam posting kali ini saya ambil di peron Yamanote-line di stasiun Shinagawa, Tokyo. Situasi dalam gambar itu masih dalam kondisi “biasa” karena saya sudah pernah melihat dan mengalami kondisi yang lebih parah, contohnya ya yang saya alami tadi pagi. Sebenarnya saya mau mengambil situasi di dalam gerbong tersebut, namun tangan saya tidak bisa bergerak, bahkan hanya sekadar untuk membetulkan letak kacamata saya yang terdesak tubuh penumpang lain.


(mataponsel–image captured by Nokia N73 with 3.15 MP built-in camera and Carl Zeiss optical lens)

Leave a Reply

