Yang Cacat, Yang Terhormat

Ada pemandangan yang mungkin jarang ditemukan di Indonesia dalam posting foto saya kali ini. Dua petugas stasiun kereta Japan Railway Akihabara bahu-membahu membantu seorang penyandang cacat yang berkursi roda. Keduanya tergopoh-gopoh untuk sebisa-bisanya membantu pengendara kursi roda itu naik ke atas gerbong kereta Yamanote-line Minggu lalu. Karena persis di depan saya, saya bisa mengambil momen berharga tersebut dengan kamera ponsel saya.

karyawan-jr.jpgPemandangan semacam itu adalah hal yang wajar di Jepang; mungkin juga di negara lain. Penyandang cacat adalah warga negara kelas satu di Jepang. Dalam soal akses ke fasilitas publik, merekalah yang pertama kali harus didahulukan. Oleh sebab itu, semua fasilitas dan perusahaan publik sudah memiliki prosedur tetap guna melayani para penyandang cacat dalam mengakses fasilitas mereka.

Dalam urusan naik kereta listrik, begitu penyandang cacat datang, petugas stasiun akan mendatangi dan menanyakan tujuannya. Si petugas akan menghubungi stasiun tujuan agar menyiapkan petugas penjemput. Kemudian, sambil membawa tangga papan untuk tumpuan kursi roda, petugas membimbing penyandang cacat ke gerbong yang menyediakan ruang khusus bagi pemakai kursi roda. Begitu penyandang cacat naik, sambil tersenyum, tak lupa petugas memberitahukan agar berhati-hati dalam perjalanan. Tampak sekali bahwa para petugas itu sangat profesional: tahu betul apa tugas mereka, penuh perhatian kepada pelanggan, namun tetap tegas kalau dibutuhkan.    


(mataponsel–image captured by Nokia N73 with 3.15 MP built-in camera and Carl Zeiss optical lens)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s