Tenda Biru

Meskipun dalam dua posting terakhir mataponsel menyitir judul lagu dan sedikit syairnya, tenda biru dalam judul posting kali ini sama sekali tidak mengacu pada lagu yang dipopulerkan artis sinetron Desy Ratnasari, tetapi betul-betul merujuk pada sebuah tenda yang benar-benar biru.  Tenda seperti ini sering digunakan oleh kaum homeless atau tunawisma di Jepang untuk membuat bivak sebagai tempat berteduh mereka. Eit, tunggu dulu, di sebuah negara dengan GDP penduduknya di atas 40.000 dolar AS ada tunawisma? Mungkin itu pertanyaan yang muncul di benak pembaca.

Ya, di Jepang ada tunawisma, terutama di wilayah perkotaan. Itu jawabannya. Sebenarnya di negara industri maju lain seperti Amerika Serikat dan Kanada pun ada karena saya pernah melihatnya. Namun, tentu saja, faktor pemicu munculnya tunawisma di Jepang sebagai negara kaya dan di Indonesia sebagai negara kurang mampu berbeda. Perbedaan faktor tersebut tidak 04122007.jpgakan saya bicarakan dalam posting kali ini karena saya berencana untuk menjepret fenomena tunawisma (atau pada zaman Orba sering dirujuk dengan nama gepeng–kasihan orang yang bernama Gepeng seperti almarhum pelawak Srimulat) di lain kesempatan.

Foto ini saya dapatkan ketika saya melintas di sungai Tama atau Tamagawa pada awal minggu ini. Sekelompok tunawisma di pinggir kali itu memang sudah lama menarik perhatian saya sejak lima tahun silam karena hampir tiap minggu saya melewati sungai tersebut. Di tepian DAS Tama di pinggiran kota Tokyo itu terdapat kurang lebih enam sampai delapan tenda biru. Entah berapa orang yang menempati lokasi itu karena saya hanya melihat mereka sesekali. Umumnya mereka adalah laki-laki di atas paruh baya. Saya lihat mereka juga memelihara anjing atau kucing karena sering juga saya melihat binatang itu bermain-main di dekat tenda. Saya sering berpikir jika di musim dingin kamar di rumah saya yang tertutup rapat saja masih terasa beku, bagaimana dengan tenda yang hanya dilapisi satu atau dua lapis terpal atau plastik? Brrr.


(mataponsel–image captured by Nokia N73 with 3.15 MP built-in camera and Carl Zeiss optical lens)

4 thoughts on “Tenda Biru”

  1. aslamualaikum…
    mas… saya mau bikin skripsi tentang pengemis di jepang.. mas ada ga punya datatistik na????
    kalo ada kirim ke mail saya ya mas..
    kira2 menarik gak ini di jadikan dkripsi??
    arigatou gozaimasu

  2. Waalaikumsalam, Sami. Berapa jumlah pasti tuna wisma–sekali lagi bukan pengemis karena mereka tidak mengemis–tidak diketahui dengan pasti. Namun, pada tahun 2004, sumber pemerintah menyebut angka 30.000 dengan 87% adalah kaum laki-laki dan dengan Osaka sebagai pusat tunawisma di Jepang. Soal data statistik silakan lihat http://www.mhlw.go.jp/english/index.html. Cukup menarik untuk dijadikan skripsi. Coba cari data selanjutnya lewat google atau search engine lain. Gud lak ya.

  3. terima kasih ya mas atas informasinya..
    mas, tuna wisma ini di sebut juga dengan “homeless” jg kan?
    saya ada kesulitan dalam mencari buku yang berkaitan dengan “homeless” ini, kira-kira ad gak buku yang menulis tentang homeless ini, apa judul bukunya..
    saya lagi mengumpulkan bahan-bahan nya mas..
    tahank before yaaa…

  4. Sami,

    Ada beberapa buku mutakhir baik dalam bahasa Jepang maupun Inggris. Aku kasih dua2nya mudah2an bisa mencarinya di Indonesia.

    “We are not garbage!” : the homeless movement in Tokyo, 1994-2002 / Miki Hasegawa, New York: Routledge, 2006

    The homeless/Louise I. Gerdes, (editor), Farmington Hills : Greenhaven Press, 2007

    Japan’s underclass : day laborers and the homeless / Hideo Aoki ; translated by Teresa Castelvetere, Melbourne: Trans Pacific Press 2006

    家なき鳥 / グロリア・ウィーラン[著] ; 代田亜香子訳, 東京 : 白水社, 2007.4

    ホームレス・強制立退きと居住福祉 / 早川和男・吉田邦彦・岡本祥浩編集, 東京 : 信山社, 2007.6

Leave a Reply

