Mau diantar ke mana rumahnya?

rumah-contoh.jpgFoto di samping bukanlah kios atau toko, melainkan bangunan yang dijajakan di depan sebuah perusahaan penjualan rumah di dekat rumah saya, Fujisawa. Bangunan seperti ini memang bisa digunakan untuk apa saja. Namun, di Jepang lazimnya digunakan untuk tempat berjualan bunga, cake, atau apa saja. Lantas, bagaimana kalau kita membeli bangunan ini? Kita tinggal berbicara kepada penjualnya, membayar harganya (karena harga pas), dan barangnya bisa langsung dikirim ke alamat kita. Lho, kok dikirim? Ya, memang dikirim dengan cara ditarik atau dinaikkan ke atas truk tronton atau container. Kita hanya tinggal menunggu di rumah.

Pertama kali saya kaget juga ketika melihat bagaimana sebuah rumah ditarik atau diangkut oleh sebuah truk. Ketika persis di depan rumah saya akan dibuka sebuah kafe, tiba-tiba suatu pagi saya melihat ada bangunan kafe di tanah kosong yang di atasnya pada hari sebelumnya tidak ada apa-apa. Saya pikir pemilik kafe itu adalah keturunan Bandung Bondowoso atau paling enggak punya kantong ajaib semacam Doraemon sehingga bisa membangun rumah dalam satu malam. Namun,  usut punya usut, ternyata bangunan kafe itu ditarik dan ditaruh di sana pada malam hari sebelumnya.

Bangunan siap kirim yang ada di dalam foto di atas termasuk berukuran kecil dan umumnya hanya diperuntukkan sebagai tempat berjualan. Harganya 638.000 yen atau setara dengan 51 juta rupiah. Di tempat yang sama sebenarnya ada bangunan siap kirim yang ukurannya sebesar rumah tempat tinggal tipe 36 kalau di Indonesia. Harganya juga cukup membuat kita merogoh kocek lebih dalam. Jika dikurskan dengan rupiah, kira-kira 350 juta rupiah. Kalau uangnya ada dan segala persyaratannya beres, si penjual akan bertanya, “Mau dikirim ke mana rumahnya, Pak?”


(mataponsel–image captured by Nokia N73 with 3.15 MP built-in camera and Carl Zeiss optical lens)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s