Berjumpa ‘Samson’ sejati

Siang itu panas sekali. Matahari baru mulai condong dari ubun-ubun kepala. Aku dalam perjalanan pulang karena tidak banyak meeting. Di dalam Spark-ku yang mungil di tengah kemacetan aku mendengarkan musik, sambil sesekali mengumpat kecil kepada pengendara motor di luar. Menjelang putaran balik ke arah Tanjung Barat, lalu lintas melambat dan akhirnya merayap lambat sekali. Mood-ku langsung anjlok sementara mulutku mulai merutuki pemda, walikota, DLLAJR, polisi, dan semua yang tersangkut dalam penyelenggaraan lalulintas yang kacau ini. Sambil tanganku mulai menggaruki kepala yang gerah kepanasan meski AC mobil sudah kusetel di suhu paling dingin.

Di tengah alunan lagu populer ‘Samsons’ dari radio, bercampur kesal serta dongkol, aku melihat suatu pemandangan menarik di depanku. Pemandangan yang akhirnya menjadi salah satu momen terindah yang pernah kulihat di jalan raya. Dua orang ibu-ibu, lebih tepatnya pedagang sayur, tengah bergurau dengan akrab di antara tumpukan sayur di bak terbuka sebuah mobil pick-up tanpa atap.

Seorang dari mereka asyik mengupas bawang putih. Di balik wajah yang lelah tersirat kebahagiaan. Sinar matahari yang masih menyengat sepertinya tak dirasakan keduanya yang asyik berbagi cerita, ditingkahi tawa hingga terpingkal-pingkal.

Aku melihat kebahagiaan sejati di mata mereka. Kebahagiaan di tengah himpitan hidup yang pastinya jauh lebih berat dari semua persoalan yang tengah aku rasakan saat itu. Betapa kuatnya kedua wanita itu. samson-wanita.jpg
Di antara ratusan kilo sayur yang harus mereka angkut, ongkos yang harus dihemat, receh yang harus dikais dan berbagai beban yang harus ditanggung setiap hari, mereka masih bisa mengecap kebahagiaan dalam suasana yang buatku mungkin mustahil.

Saat itu mataku seperti terbuka. Aku tengah melihat ‘Samson sejati’. Sosok-sosok dengan tekad hidup sekeras baja yang tetap bisa tersenyum di tengah lecutan kehidupan yang pahit.

Seketika itu juga aku merasa kecil…


(mataponsel–image captured by Nokia 7610 with 1 MP built-in camera lens)

Advertisements

Author: Tahmid Firdaus

Just a regular guy, trying to reveal the multi-layered secrets of life lying scattered before his paths. A simple guy who learns to write and writes to learn.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s